Pentingkah Papsmear Untuk Wanita

Pap smear adalah pemeriksaan dengan mengambil contoh sel-sel leher rahim, kemudian dianalisa untuk mendeteksi seawal mungkin kanser rahim. Selain itu dengan melakukan tes ini kita juga boleh menemukan adanya infeksi atau sel-sel yang abnormal yang dapat berubah menjadi sel kanser sehingga kita boleh segera melakukan tindakan pencegahan. Pap smear dianjurkan dilakukan oleh setiap wanitaterutama bagi mereka yang sudah berkeluarga dan pernah melahirkan. Jika anda melakukannya secara rutin, maka anda telah melakukan tindakan pencegahan kanser leher rahim yang terbaik.

gambar hiasan ihsan google

Pap smear tidak dilakukan selama menstruasi. Prosedur ini dapat menimbulkan sedikit rasa sakit,  namun hal ini bergantung kepada faktor psikologi kita sendiri dan lain-lain.  Tes ini sederhana dan prosesnya berjalan cepat. Saat tiba di tempat melakukan papsmear anda akan dipersilahkan memeprsiapkan diri dan berbaring seperti saat akan dilakukan pemeriksaan dalaman. Doktor akan membuka liang vagina menggunakan alat yang disebut speculum vagina. 


Speculum alat untuk melakukan Pap smear ( gambar dari google)

Pemeriksaan pap smear dilakukan setiap setahun sekali bagi wanita yang sudah menikah atau yang telah mengadakan hubungan seksual. Sebaiknya para wanita memerikssakan diri sehingga usia 70 tahun.

Setelah melakukan pemeriksaan pap smear anda akan mendapatkan hasil keputusannya biasanya dalam seminggu. 

Ada beberapa kemungkinan hasil pap smear, namun secara umum dapat dibezakan seperti berikut ;

  • Negatif, artinya dalam batas normal dan tidak ditemukan sel-sel uang abnormal atau berbahaya. Ini pertanda bagus dan anda biasanya akan diminta melakukan pap smear kembali setelah setahun.
  • Positif, artinya ditemukan sel epitel ( sel pembentuk jaringan pelapis) yang abnormal. Untuk hasil ini, doktor akan menjadualkan beberapa tes untuk anda. Misalnya pemeriksaan kolposkopi ( pemeriksaan leher rahim dengan mengoleskan asam asetat di leher rahim ) dan tes HPV ( human papillomavirus test, untuk mengetahui ada tidaknya infeksi HPV ). Umumnya dilakukan kolposkopi dan doktor menjumpai area mulut rahim yang menunjukkan kecurigaan kelainan, maka akan dilakukan LLETZ yaitu biopsi menggunakan kawat halus dengan pemanasan.

  • Displasia, artinya dalam batas normal, namun ditemukan ada perubahan sel. Kondisi ini bisa terjadi kerana ada ;

>>>Infeksi, antara lain infeksi bakteria, infeksi jamur atau perubahan sel yang berhubungan dengan virus herpes simpleks. Doktor biasanya akan memberikan terapi yang sesuai untuk mengatasinya.

>>>Perubahan sel reaktif, sel mulut rahim itu sel yang mudah memperbaharui dirinya kembali, mirip permukaan sel kulit wajah yang secara periodik menjadi tua, mati , mengelupas dan tumbuh sel baru dari sel muda dan berkembang seterusnya. Namun pada keadaan tertentu, bisa terjadi ” perubahan reaktif” atau perubahan sel akibat reaksi terhadap proses tertentu ( boleh infeksi, trauma, atau perubahan ke arah keganasan). Pada kondisi ini doktor akan menyarankan pemeriksaan ulang pada 3-6 bulan kemudian.

kanser serviks

Pap smear harus dilakukan paling lambat 3 tahun setelah hubungan seks pertama kali, dan sangat dianjurkan untuk melakukan pap smear setahun sekali bagi wanita berumur diatas 21 tahun dan aktif melakukan hubungan seks. Ketika sudah berumur 30 tahun ke atas, anda dianjurkan untuk melakukannya setahun sekali, jika sudah dilakukan 3 tahun berturut-turut dan hasilnya baik (selalu negatif), pemeriksaan boleh dilakukan 2-3 tahun sekali. Lakukanlah pap smear secara rutin.

Anda mahu jadi ahli Shaklee dan nikmati potongan hebat 15%-20% Anda ingin mengetahui cara daftar Shaklee..?? Mudah sahaja… hanya klik sahaja disini :
CARA DAFTAR AHLI SHAKLEE SECARA PERCUMA

Rujukan: www.ayahbunda.co.id,  www.rssemengresik.co.id. , myservik.gov.my

 ** These statements have not been evaluated by the Food and Drug Administration. These products are not intended to diagnose, treat, cure, or prevent any disease. ————————————————— Untuk sebarang pertanyaan, anda boleh menghubungi saya ( whatsapp/wechat/sms) Qaseh Firdaus No . Phone : 0176281787 Fb page : barangan baby qaseh firdaus Email : [email protected]

Spread the love
Suri rumah sepenuh masa dengan 3 cahaya mata yang aktif berblog untuk berkongsi kebaikan untuk semua.

This Post Has 8 Comments

  1. Sangat penting papsmear ni untuk kaum wanita… Ia sebagai langkah pencegahan awal untuk mengesan kanser serviks. Jom buat appointment dengan klinik 🙂

Leave a Reply

%d